Hut Satuan Polisi Pamong Praja 2016

Selasa, 17 Mei 2016

UPACARA  PERINGATAN HUT SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KE 66 DAN HUT PERLINDUNGAN MASYARAKAT KE 54 TINGKAT PROVINSI BALI  DI JEMBRANA

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke 66 dan Hari Ulang Tahun Perlindungan Masyarakat Tingkat Provinsi Bali dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 19 April 2016 di GOR Pecangakan upacara  hadir Bupati Jembrana, Wakil Bupati Jembrana, Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, Unsur Pimpinan  Forum komunikasi daerah Jembrana, Kepala SKPD di lIngkungan Pemerintah Provinsi Bali, Kepala Satuan Polisi Pamong PrajaKab/Kota Se Bali dengan membawa satu Peleton anggotanya. Disamping itu juga diikuti oleh unsur Linmas, Kepolisian, TNI, Pecalang dan Pramuka.

Gubernur Bali sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri bahwa dalam melaksanakan tindakan dalam menegakkan aturan atau Perda anggota Satuan Polisi Pamong Ppraja hendaknya  untuk lebih mengedepankan pendekatan humanis dan bijak  namun tegas serta memiliki  dedikasi dan disiplin tinggi.Pendekatan Humanis dilakukan sebak objek yang dilayani adalah warga masyarakat sehingga unsur kemanusiaan sangat dijunjung tinggi. Anggota Polisi Pamong Praja hendaknya senantiasa menh=gedeopankan 3 S (salam, sapa dan senyum) sebagai wujud ketulusan dalam memberilakan pelayanan. Tidak kalah pentingnya Polisi Pamong Praja selalu menjunjung dedikasi yang tinggi. Artinya dalam menjalankan tugas secara total sebagai wujud bakti kepada nusa dan bangsa. Sedangkan kedisiplinan adalah faktor yang sangat mutlak karena sebab sebelum mampu menertibkan masyarakat untuk mematuhi peraturan daerah, anggota Polisi Pamong Praja mampu medisiplinkan dirinya sendiri. Dengan disipilin yang dimiliki anggota maka akan memberikan efek segan bagi masyarakat. Pesan lainya yang juga tidak kalah pentingnya adalah sikap tegas anggota Polisi Pamong Praja karena dengan sikap ini akan mencerminkan ketidakraguan dalam menegakkan peraturan daerah.

Semakin bertambahnya usia Satuan Polisi Pamong Praja diharapakn dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya agar mengedepankan tindakan preventif. Artinya mampu mencegah terjadinya pelanggaran peraturan daerah. Tidak ketinggalan juga Peningkatan wawasan dan kemampuan Satuan Polisi Pamong Praja sehingga timbulnya gesekan dengan masyarakata dapat dihindari.

Tuan rumah Satuan polisi Pamong Praja Kabupaten Jembrana dalam memeriahkan HUT tersebut menampilkan atraksi bela diri dari anggota Satuan Polisi pamong Praja, Simulasi Penertiban Pedagang Kaki Lima dan penanganan Unjuk Rasa.

Rangkaian HUT Polisi Pamong Praja dan Linmas tahun ini juga dilaksanakan Bedah Rumah untuk anggota masyarakat yang kurang beruntung yakni Bapak Wayan Sundra. dari  Banjar penetapan Kelod Desa Pergung  dan pemberian bingkisan sembako.