Kunker Provinsi Jawa Tengah

Senin, 12 Nopember 2018

KUNJUNGAN KERJA BADAN PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH

DPRD JAWA TENGAH

            Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali pada hari Kamis tanggal 8 Nopember 2018 menerima Kunjungan Kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi  Jawa Tengah, yang diterima Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, beserta jajarannya,  Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Denpasar dan Badung. Kunjungan kerja dipimpin oleh Ketua Bapemperda  Yudi Indra Winarsa berserta anggotanya dengan didampingi  Tim Ahli, Sekretaris Dewan, Satuan Polisi Pamong Praja, Diskominfo, Kesbangpol, Pemerintah Jawa  Tengah. 

            Maksud dan tujuan kunjungan kerja  adalah untuk mendapatkan informasi mengenai pembentukan Peraturan Daerah Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat. Sehingga Peraturan yang dibuat dapat mengakomodasi penyelenggaraan Ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat dengan maksimal. Dalam kunjungan tersebut ada beberapa hal ditanyakan oleh Ketua Bapemperda maupun anggota. Meliputi Kondisi Sosial budaya Bali, Proses Pembentukan Perda, Hubungan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penegakan Peraturan Daerah. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Satuan Polisi  Pamong Praja memaparkan  kondisi yang ada saat ini, bahwa Perda Ketentraman dan  Ketertiban Umum yang ada di Provinsi Bali belum ada dan memang benar bahwa pada Tahun 2016 sudah dibahas dalam bentuk kajian akademis.  Karena ada kebijakan dari Kementerian Dalam Negeri  untuk menghapus peraturan daerah yang dianggap tumpang tindih maka kajian akademis terhadap Peraturan Daerah Ketentraman dan Ketertiban Umum tidak dilanjutkan.

            Terhadap beberapa pertanyaaan terkait tugas pokok fungsi Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Bali dijawab tuntas Kepala Satuan Polisi Praja dan Kepala Bidang  Terhadap rancangan pembentukan Peraturan tersebut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja sangat mendukung  sehingga dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Satuan Polisi Pamong Praja mempunyai dasar hukum yang kuat. Di akhir pertemuan Ketua Tim Bapemperda DPRD Provinsi Jawa Tengah mengucapkan terima kasih dan merasa puas atas informasi yang diberikan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja beserta jajaranya.