Kunker Satpol PP Provinsi Jawa Barat

Jumat, 14 Desember 2018



KUNJUNGAN KERJA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA JAWA BARAT

Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali pada hari Selasa tanggal 4 Desember 2018 menerima Kunjungan Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi jawa Barat. Kunjungan kerja diterima Kepala Bidang Sumber Daya Manusia didampingi beberapa Kasi/Kasubag yang mewakili Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, karena sedang melaksanakan tugas lainnya, . Kunjungan kerja dipimpin oleh Kabid Trantib Penegakan Perda dan Pergub Dra Reni Ambarsati, MM. beserta jajarannya sebanyak 16 orang.
Maksud dan tujuan kunjungan kerja adalah untuk mendapatkan informasi penegakan Peraturan Daerah, khususnya pada proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh Penyidik Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali. Disamping itu juga ingin memperoleh informasi mengenai Pecalang sebagai unsur pengamanan dalam ranah Desa Adat Di Bali. Penjelasan mengenai proses penyelidikan dan penyidikan dipaparkan dengan gamblang oleh Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur. 
Berawal dari dasar hukum, sejarah proses awal bergabungnya Penyidik Pengawai Negeri Sipil di lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja, Alur kerja, proses penyelidikan, proses penyidikan, sampai pada tahap persidangan. Demikian juga mengenai Pecalang disampaikan dari sejarah Desa Adat, pembentukan, tugas pokok dan fungsi maupun yang menyangkut hak-hak disampaikan dengan sangat gamblang juga.
Pimpingan rombongan diakhir pertemuan menyampaikan rasa puas terhadap penjelsan yang disampaikan oleh Kepala Bidang SDA. Dari hasil kunjungan kerja tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan dalam menjalankan tugas pokok fungsi Satuan Polisi Pamong Praja Jawa barat ke depannya. Di akhir pertemuan diilakukan tukar menukar Cindera Mata dan disampaikan ucapan terima kasih dan undangan untuk berkunjung ke Jawa Barat.